Monday, September 12, 2011

TIPS CHOCHOLATE CRAVING

Hi ppl,


Friday blues, hoyehhh.. Jom kita kongsi khasiat cekelat/coklat. Hehe.. Aku bukan pengemar benda2 manis nak2 coklat. Tapi lately aku dah terjebak dengan segala macam jenis coklat. Confius sekejap. Hairan kenapa boley jadi begitu ye, tapi aku admit mungkin faktor emosi yang kurang stabil di tempat keja. kadang2 stress yang melampau. Yes, coklat dapat release tension. Aku pun baru je tau, huhu.. jom baca sikit tentang coklat dan khasiatnya. Aku google je nih. Layan..

Coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang bermaksud minuman pahit. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Dengan aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahawa mereka yang suka makan coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka berusia lebih panjang.

Selama ini ada pandangan mengatakan coklat menyebabkan caries pada gigi dan mungkin juga bertanggung jawab terhadap munculnya masalah kegemukan. Tak dapat disangkal lagi bahawa kegemukan adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Tetapi kajian di Universitas Harvard ini menunjukkan bahwa jika anda mengimbangi konsumsi coklat dengan aktivitas fisik yang cukup dan makan dengan menu seimbang, maka faktor kegemukkan oleh coklat tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Coklat mengandung lemak tinggi malah mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

Sering timbul pertanyaan seberapa banyak kita boleh mengkonsusmi coklat? Tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini, namun demikian makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dapat diterima. Prinsip gizi sebenarnya mudah yaitu makanlah segala jenis makanan secara moderat. Masalah gizi umumnya timbul bila kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada coklat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa coklat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan coklat.

Produk coklat cukup beraneka ragam. Misalnya, ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis, cocoa butter, gula dan susu. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. Coklat jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk coklat batangan. Kandungan gizi coklat bisa dilihat pada tabel.

Belum bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. Coklat juga tidak boleh dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga boleh timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Oleh kerana itu disarankan adalah minumlah banyak air selepas makan coklat. Tengoklah betapa banyakknya coklat yang telah aku makan. Ngeh! xoxo

Mummy mia

No comments:

Post a Comment